TIPS MENGAPLIKASIKAN MODIFIKASI CEPER PADA MOBIL
Membuat
bagian kaki-kaki mobil menjadi lebih pendek dalam modifikasi sebenarnya
sudah lama merasuki tanah air, terutama bagi para anak muda penunggang
mobil. Modifikasi seperti ini lebih akrab terdengar dengan sebutan
Modifikasi 'ceper', jika di negara eropa biasa disebut dengan low rider.
Tampilan
Modifikasi dengan gaya ceper dapat membuat mobil makin keren untuk
dilihat. Banyak cara agar bisa menjadikan mobil terlihat lebih ceper,
mulai dari yang rela melakukan potong memotong per dan shock absorber
original ataupun aftermarket hingga dengan mengaplikasikan lowering kit
suspension yang hanya tinggal plug 'n play, namun untuk hal ini anda
harus rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkannya. Selain dari itu
semua banyak faktor yang perlu diperhatikan dan pertimbangan sebelum
menerapkan Modifikasi bergaya ceper.
Kelebihan dan Kekurangan
Biar tidak salah kaprah pada saat
menerapkan Modifikasi seperti ini, perlu anda ketahui bahwa kelebihan
dari Modifikasi ini di samping dapat meningkatkan performa penampilan
eksterior mobil, Modifikasi men-ceperkan mobil juga dapat menjadi solusi
jitu dalam mengatasi suspensi yang limbung / goyang, khususnya untuk
jenis mobil yang memiliki ground clearance cukup tinggi, tetapi efek
negatifnya dari Modifikasi ini pasti menyebabkan bantingan suspensi
mobil makin terasa lebih keras dari keadaan normalnya, Apalagi jika
sering melintasi jalanan yang tidak rata atau rusak, yang otomatis
tentunya mengurangi faktor kenyamanan.
Kemudian,
Anda juga harus mempertimbangkan faktor apakah mobilnya hanya untuk
keperluan kontes atau untuk dipakai sehari-hari. Modifikasi bergaya
ceper tidak akan masalah jika hanya mempertimbangkan segi fashionnya
saja Jika memang mobil hanya khusus untuk keperluan kontes, atau bahkan
hingga sampai merubah sudut chamber menjadi minus dan bermain wide body,
Tetapi untuk mobil yang digunakan sehari-hari penerapannya harus tetap
memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan dalam berkendara
sehari-hari di jalan raya.
terutama
buat anda yang ingin menerapkan gaya Modifikasi mobil low rider alias
ceper untuk mobil sehari-harinya, ada beberapa tips yang bisa diterapkan
untuk mendapatkan mobil ceper yang tetap nyaman dan aman untuk
digunakan sehari-hari meskipun walaupun cara melakukan potong memotong
per dan shock absorber, berikut tips-nya :
- Perhatikan juga segi kualitas per itu sendiri dan harus mengenali karekteristik mobil yang akan dipasangkan per tersebut agar kenyamanan dalam berkendara tidak sepenuhnya hilang, Sebelum memotong per, karena bengkel khusus belum tentu mengetahui karakter mobil yang bersangkutan.
- Demi menjaga kenyamanan maksimal per cukup turun 5 cm untuk depan ataupun belakang agar masih ada jarak ayun / main per, Jangan memotong per terlalu pendek jika untuk mobil sehari-hari.
- Jangan asal ingin potong per, perhatikan bahan, jenis, kerenggangan ulir dan tebal diameter dari per itu sendiri. Karena tidak semua per baik dan mudah untuk dipotong.
- Setelah melakukan potong per, tinggi shock dan per sebaiknya harus sama, kalau lebih tinggi shock nya pasti tidak akan nyaman, jika hal ini terjadi maka sebaiknya tabung oli shock harus dipotong dan dibuatkan ulir baru hingga seperti keadaan original.
- Pastikan setelah anda merasa selesai pada bagian dudukan mounting shock absorber kembali terpasang kuat dan tidak goyang pada kaki-kaki mobil.

Menggunakan
konsep Modifikasi mobil ceper dalam harian sebaiknya juga harus diikuti
oleh up size velg, velg ukuran standar lebih baik diganti dengan velg
yang berukuran 2 tingkat diatasnya, contohnya saja dari ukuran 15 naik
menjadi 17, terang alex karnadi, pentolan dari bengkel khusus Per &
Shock Absorber Ceper Baru. Untuk biaya Modifikasi per mobil biar ceper
biasanya bengkel Ceper Baru memberikan harga yang berkisar mulai dari
Rp. 400.000 hingga 800.000 karena tergantung dari tingkat kesulitan per
dan shock absorber serta jenis mobilnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar