How about JDM?

JDM (Japan Domestic Market) atau “pasar lokal Jepang” dalam hal ini memiliki arti “suatu kondisi” dimana perlengkapan standard sebuah mobil buatan Jepang hanya dibuat dan dipasarkan untuk area Jepang.
Biasanya perlengkapan tersebut lebih lengkap dari pasar manapun di dunia, mengingat produsen mobil Jepang “memanjakan” pasar lokalnya meskipun volume penjualan tidak seberapa dibanding diluar Jepang (baca: nasionalisme yang tinggi).
JDM adalah istilah yang “diciptakan” oleh pemerhati otomotif Amerika karena terdapat perbedaan spesifikasi dengan USDM (United States Domestic Market). Ada kemungkinan mereka iri dengan spesifikasi mobil Jepang di Amerika yang lebih rendah dari di Jepang. Di Eropa sendiri, pada awalnya istilah JDM tidak terlalu terdengar karena spesifikasi kendaraan disana tidak terpaut jauh dengan di Jepang, terlebih ada negara yang memiliki right hand steering sama seperti Jepang.
Pada
awalnya, istilah JDM banyak dikaitkan dengan spesifikasi mesin. Sejak
tahun 70-an, setiap mobil jepang yang dipasarkan di Amerika hampir
pasti mengalami specdown di
area mesin. Hal ini terjadi karena pemerintah Amerika menetapkan batas
emisi yang ketat bagi kendaraan yang akan dipasarkan di negerinya.
Ingat saat2 Soichiro Honda memutar otak untuk memodifikasi mesin civic 1st gen
agar dapat lolos regulasi dan dipasarkan di Amerika. Lama kelamaan
istilah JDM ikut merambah berbagai fitur yang terdapat di mobil, dari
interior, eksterior, audio, velg dan lain-lain.
Pada civic 4th gen, ada cukup banyak parts JDM, seperti light pole. Light pole
diciptakan untuk memudahkan pengemudi memarkirkan mobilnya di area yang
sempit. Sangat relevan bagi Jepang, tapi tidak relevan bagi Amerika
yang memiliki parking lot sangat besar. Contoh masa kini adalah parking camera di mobil2 built-up asal Jepang. Mobil2 tersebut dilengkapi fitur parking camera
dengan display di monitor berbahasa kanji, it’s a true JDM. Berbeda
dengan pasar Australia, walau sama2 right hand steering, tapi tanpa
huruf kanji. That’s not JDM.



Karena keterbatasan informasi, banyak yang salah mengartikan istilah JDM. Paling mudah ditemui adalah pemakaian istilah JDM kepada barang2 buatan tuner Jepang. Contoh, Mugen adalah tuner resmi Honda. Pada awalnya, Mugen hanya memiliki kantor di Jepang, namun pada akhirnya Mugen membuka kantor perwakilan di berbagai benua, sehingga produk2 Mugen dapat ditemui di dealer resmi di berbagai benua yang berakibat Mugen tidak dapat disebut sebagai produsen parts JDM.
Spoon sports, tanabe, cusco, enkei, dan semua merk tuner jepang juga tidak dapat disebut sebagai JDM, meskipun beberapa diantaranya hanya dapat diperoleh di Jepang. Alasannya, karena mereka bukan OEM. Mereka lebih tepat disebut Japanese Racing Style, atau apapun selain JDM. Japs racing style sangat berbeda dengan Touring car Eropa (BTCC maupun DTM). Japs racing style lebih dekat ke street racing. Cirinya, penggunaan ukuran velg yang masuk akal dibandingkan ukuran rumah roda mobil, sehingga mobil masih nyaman dipakai harian, serta bentuk bodi mobil yang tidak berubah dari standardnya.
Seiring berjalannya waktu, JDM berubah menjadi aliran modifikasi. Dengan mengadopsi parts JDM, kendaraan berada pada "kasta" yang lebih tinggi. Namun karena sulit dan mahalnya memperoleh parts JDM, muncul berbagai aliran JDM terutama di Indonesia. Diantaranya adalah pure JDM, OEM JDM, dan JDM style.

JDM style yaitu memodifikasi ala Pure JDM namun menggunakan parts replika atau bukan original. Bisa juga diartikan modifikasi yang membuat mobil mirip dengan kendaraan japs racing style, maupun kendaraan Jepang pada umumnya. Biasanya diaplikasikan oleh kendaraan yang tidak dirilis di Jepang atau bukan kendaraan bermerk Jepang. Contoh, Toyota Kijang & Avanza, Timor, Hyundai, Peugeot, BMW, dsb.
Dengan penjelasan diatas, maka pengertian JDM di setiap negara menjadi berbeda. Headlamp one piece yang tedapat di grandcivic 90-91, tidak terdapat di Malaysia, Thailand, dan Amerika. Mereka menyebutnya JDM, kita menyebutnya standard. 3rd brake lamp terdapat di New Zealand, they called it standard, we call it USDM. Wing wiper sebelah kanan tidak terdapat di Malaysia dan Thailand, they called it JDM, we call it standard.
So, which JDM are you?
13, oct 12"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar